Jumat, 18 September 2009

Spirit of Ramadhan

My Spirit of Ramadhan in 2009

Ramadhan tahun ini agak sedikit berbeda, biasanya tahun2 lalu aku melewatinya bersama ibu, kakakku yang no 4. tidak dengan tahun ini., aku melewatinya untuk awal hingga pertengahan bulan ramadhan hanya dengan kakakku yang no 1. Tapi itu tidak membuatku kehilangan semangat untuk mengisi Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang sangat menakjubkan bagiku ^_^
Pada malam hari pertama bulan Ramadhan aku, kakakku yang no 1, icha, ian Sholat Tarawih berjamaah di masjid dekat rumahku Al Ikhlas Amirudin namanya,, pada tahun2 sebelumnya jarang sekali aku sholat di masjid tersebut aku lebih memilih untuk sholat di masjid yang letaknya agak jauh dari komplek perumahan tempatku tinggal ya kira-kira 1km lah., dulu aku sholat disini kalo pas males jauh2 keluar perumahan ato pas gak ada sepeda motor, ato pas waktunya dah mepet untuk sholat jadi tidak memungkinkan untuk keluar lebih jauh, tapi tahun ini aku mulai berpikir mengapa gak sholat disini saja menjadi jamaah yang baik untuk masjid yang memang disediakan untuk penduduk perumahan puri lidah kulon indah. Jadi beberapa hari di bulan Ramadhan ini aku lewatkan untuk sholat tarawih, sholat shubuh, dan tadarus bersama ibu2 di masjid tersebut.

Untuk lebih memaknai bulan ramadhan tahun ini aku berkeinginan untuk sholat tarawih di masjid2 besar di surabaya meskipun hanya beberapa tapi aku bahagia sekali karena dapat melewatkan ibadah sholat tarawih di masjid tersebut. Keinginan tersebut aku sampaikan kepada kakakku,,, ehhhh ternyata dia juga tertarik dan mau ikut juga besamaku.

Pengalaman seru pertama aku mulai pada tanggal 26 agustus 2009 di masjid nasional Al Akbar orang2 surabaya dan sekitarnya biasa menyebutnya Masjid Agung., Imam dan Khotib pada hari itu adalah Pak Ali Maschan Musa calon wawali kota surabaya. ceramahnya begitu indah berbicara tentang nafsu..., oh ya sebelum sholat tarawih aku dan kakakku juga ikut berbuka dan sholat maghrib disana takjil disediakan di beranda depan masjid ya kita berdua seperti kaum dhuafa hehehe..., but it's oke aku sangat menikmatinya kami berdua mendapatkan kurma dan air putih untuk takjilnya dan nasi krawu untuk menu berbukanya, ada kejadian yang sangat menarik krn memang aku pertama kali melewatkannya disana, di masjid agung ketika sholat tarawih sudah 4 kali salam atau 8 rakaat ada beberapa orang yang lgsg meninggalkan masjid, kami berdua bingung krn yg meninggalkan masjid tidak sedikit.. ?_? akhirnya kami diberitahu bahwa bbrp dari mereka hanya mengerjakan sholat 8 rakaat dan mengerjakan witir di rumah atau sekaligus disana, tapi tidak menunggu sampai 20 rakaat.. Ya mgkn itu kebijakan dari masjid agung untuk mengakomodasi bbrp orang, trserah mereka mau te2p ikut sholat atau meninggalkan masjid. tapi te2p aja aq bgng krn tidak spt di masjid2 lainnya disini jamaahnya bnyk jd wktu org2 meninggalkan masijd sepertinya di masjid terjadi kebakaran atau apa krn bbrp org lari2 meninggalkan masjid.., yak itu pengalaman seru pertama Wow... ^_^.

Pengalaman seru kedua pada tanggal 29 agustus 2009 aku dan kakakku mengikuti sholat tarawih berjamaah di Masjid Citra Raya namanya Masjid BaiturRazaq kami tidak berbuka dan sholat maghrib disana karena jarak dari rumah tidak seberapa jauh jadi setelah berbuka kami brkt ke masjid.., masjid disana bagus jamaah perempuan sholat di lantai 1 sedangkan jamaah laki-laki sholat di lantai 2 masjid tersebut melaksanakan sholat tarawih 20 rakaat dan sholat witir 3 rakaat jadi total 23 rakaat, seusai sholat di luar masjid terdapat bazar buku murah yang benar2 murah kakakku dapat 1 buku bagus judulnya aku lupa hehehe..,

Pengalaman seru ketiga pada tanggal 02 september 2009 aku dan kakakku buka puasa dan sholat tarawih di Masjid Al Falah, sama seperti di masjid agung kami mendapatkan takjil kurma dan minum., ketika sholat maghrib ada pengalaman tidak mengenakkan krn ada org yg menggertak kakakku agar tidak menggunakan sajadah, padahal sebenarnya kakakku sdh tau krn larangan tersebut sdh dipasang di dinding masjid dekat kami sholat, tp masalahnya mukena kakakku ud terlanjur dimasukkan ke dalam sajadah jadi mau gak mau harus membuka sajadah tersebut,, aku sempat geram kenapa sih org itu tdk mengingatkan dg cara yg sopan tapi dengan menggertak ya kali ini memang harus sabar khan harus menjaga amarah jadi tidak boleh marah ya gak... ?_!. setelah itu kmi mendapatkan makanan untuk berbuka yaaaa kita gak dpt sendok jd deh makannya harus "muluk" itu istilah org sby.yg paling gak enak wktu kami blm selesai makan eh bagian kebersihan dah keburu ngepel masjid., jd deh kita makannya pindah2 jd gak selera.,, ^_^. disana sholatnya 8 rakaat tarawih dan witir 3 rakaat jadi total 11 rakaat sebelum sholat isya ada ceramah agama tapi aku lupa nama ustadnya hehehe.

Berikutnya pada tanggal 4 september 2009 kami sholat tarawih di masjid Muhajjirin, masjid yang dekat dengan kotamadya, kami berbuka dan sholat maghrib disana, sama spt masjid Agung dan Al Falah takjil kurma dan minuman.., setelah sholat maghrib kami dapat jatah makan..., disini makanannya ya Alhamdulillah enak kami dapat makan dari depot Slamet Chinesse Food. nasi goreng dan mi goreng hmmm yummi hehehe. setelah itu kami sholat tarawih dan witir 3 rakaat. gambar masjid muhajjirin tidak ada sorry.

Pada waktu sahur kami biasanya menyaksikan Tafsir Al Misbach acara yang diisi oleh Ustadz Quraish Shihab, ustadz yang benar2 manjaga ucapannya.,, pertama mendengarkan acaranya aku sempat bgng karena ustadz tsb sering mengatakan ehm ehm ehm ehm baru menyampaikan Taushiyahnya , baru setelah bbrp kali aku teliti ustadz tersebut ternyata benar2 manjaga ucapannya, mgkn beliau tidak mau perkataan yang beliau sampaikan tidak benar2 bermanfaat, benar2 org yang hebat.

Yang pasti Ramadhan kali ini benar2 bermakna, akhirnya aku tahu bgaimana cara u. mensyukuri yang telah diberikan Oleh Allah SWT. ketika aku mendapatkan makanan di masjid t4 aku berbuka.., wktu itu aku tidak melihat brp banyaknya, bgaimana nikmatnya. tapi aku berusaha menerima dan mensyukuri nikmat yg berupa makanan yang telah diberikan Allah SWT untukku..,

Ibadah di bulan puasa akan terasa efeknya setelah kita meninggalkan bulan puasa, apakah kita akan tetap sholat berjamaah di masjid?_?, sholat shubuh dan tadarus di masjid, semoga ibadah2 tersebut tidak tergerus ketika ramadhan telah berlalu,, aku selalu berharap. untuk selalu diingatkan Allah untuk selalu manjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya.,, semoga setelah bln ramadhan ini kita bisa lbh menjaga amarah, menjaga lisan (seperti apa yang dicontohkan ustadz Quraish Shihab) dan selalu selalu berbuat yang lebih baik. lebih baik lagi.., Semoga, Insya Allah.

Tidak ada komentar: